Satu - satunya organ tubuh yang bisa Tumbuh Kembali


Liver adalah organ yang sangat penting bagi kelangsungan hidup. Organ ini merupakan kelenjar terbesar dalam tubuh dan terletak di bagian kanan atas perut. Liver memiliki lebih dari 500 fungsi, termasuk menetralkan tubuh setelah minum terlalu banyak minuman beralkohol, mengontrol penggumpalan darah, dan menghasilkan empedu yang digunakan tubuh untuk menguraikan lemak yang telah dikonsumsi.


Liver terdiri atas dua bagian, lobus kiri dan lobus kanan. Lobus kanan lebih besar atau total 65% dari total volume liver. Untuk resipient dewasa, dokter akan mengambil lobus kanan. Tetapi kalau ukuran tubuh resipient lebih kecil (bukan lebih kurus) daripada donor, maka yang digunakan adalah lobus kiri yang lebih kecil sebab jika yang ditransplan lobus kanan, ketika tumbuh dan bentuknya berkembang menjadi sempurna bisa berdesakan didalam perut seperti lemari kebanyakan isi.

Liver adalah satu-satunya organ dalam tubuh yang bisa memperbaharui diri sendiri. Oleh karena itu, jika diangkat sebagian, liver bisa tumbuh lagi keukuran aslinya. Liver terdiri atas sel-sel kecil yang disebut hepatosit, yang memproduksi sel-sel baru dengan membaginya jadi dua dan mampu bereproduksi dengan kecepatan tinggi. Jika seorang pasien menjalani operasi pengangkatan separuh livernya (misalnya, karena tumor ), liver akan tumbuh kembali ke ukuran normal hanya dalam dua minggu.





sumber : kaskus.us

0 comment:

Post a Comment