Beberapa makanan yg bisa membantu mengusir stress



STRES tak terhindarkan dalam kehidupan. Ditilik sisi positifnya, stres membuat seseorang senantiasa mawas diri dan disiplin terhadap tugas. Namun jika stres itu overload, Anda perlu mencari obat untuk meredakannya.

Makanan tak hanya berguna untuk memenuhi kebutuhan perut. Makanan pun berfungsi sebagai obat pada beberapa penyakit. Dan untuk stres, mengunyah beberapa jenis makanan ini membebaskan Anda dari stres.


1. Jeruk


Sebuah penelitian di Jerman, tepatnya Psychopharmacology menemukan bahwa vitamin C membantu mengurangi stres dan mengembalikan tekanan darah dan kortisol ke tingkat normal setelah situasi penuh tekanan. Vitamin C juga terkenal meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


2. Ubi jalar


Ubi jalar dapat sangat mengurangi stres karena memenuhi keinginan Anda terhadap karbohidrat dan gula saat Anda stres. Ubi jalar mengandung banyak betakaroten, berbagai vitamin, dan serat yang membantu tubuh Anda untuk memroses karbohidrat dalam cara yang lambat.


3. Aprikot kering


Aprikot kaya magnesium, yang merupakan pereda stres dan bahan alami untuk rileksasi otot.
Menurut hasil riset, aprikot mengandung carotenoids. Malah, kandungannya paling tinggi di antara buah-buahan lain.

Carotenoids adalah antioksidan yang membantu pencegahan serangan jantung. Selain itu juga mengurangi level kolesterol jahat dalam tubuh, dan melindungi badan dari kemungkinan penyakit kanker yang ganas.

Inti buah aprikot ada di dalam bijinya. Ini juga memiliki beberapa kegunaan untuk menjaga kesehatan. Antara lainm memperkuat sistem respirasi juga mengurangi batuk dan asthma.

Namun sebaiknya Anda berhati-hati dalam mengkonsumsi aprikot. Bagian ujung biji aprikot mengandung sejumlah konsentrat unsur kimia. Ini bisa mengakibatkan ketidakseimbangan dalam proses tubuh.


4. Almond, kenari hijau, dan walnut


Almond mengandung vitamin B dan E yang membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda, sedangkan walnut dan kenari hijau membantu menurunkan tekanan darah.


5. Daging kalkun


Daging kalkun mengandung asam amino yang disebut L-tryptophan. Asam amino ini memicu pelepasan serotonin, bahan kimia dalam otak untuk perasaan baik. Ini alasan mengapa banyak orang yang mengonsumsi daging kalkun merasa rileks. Memang, L-tryptophan memiliki efek menenangkan.


6. Bayam


Kondisi kekurangan magnesium bisa menyebabkan migrain dan kelelahan. Satu cangkir bayam menyediakan 40 persen kebutuhan magnesium harian Anda.


7. Ikan salmon


Diet tinggi asam lemak omega-3 melindungi tubuh dari penyakit jantung. Sebuah studi dari Diabetes & Metabolism menemukan bahwa omega-3 menjaga hormon stres kortisol dan adrenalin memuncak.


8. Alpukat


Lemak tak jenuh tunggal dan potasium dalam alpukat membantu menurunkan tekanan darah. The National Heart, Lung, and Blood Institute mengatakan bahwa salah satu cara terbaik menurunkan tekanan darah adalah dengan mengonsumsi cukup kalium (kalium dalam alpukat lebih dari kalium dalam pisang).

Brokoli, kale, dan sayuran hijau gelap lainnya adalah vitamin pembangkit yang membantu menjaga tubuh pada saat stres.

Penghilang stres lainnya, meliputi:
- Olahraga teratur
- Makan makanan ringan sepanjang hari, yang akan menjaga gula darah tetap stabil (saat gula darah rendah, energi mental, fisik, dan emosional meningkat, maka stres pun meningkat).


sumber

0 comment:

Post a Comment